Silabus SD Kurikulum 2013 Tahun 2020 Sesuai Permendikbud

Download perangkat pembelajaran Silabus SD Kurikulum 2013 Tahun 2020 Sesuai Permendikbud  pdf docx
Perangkat Pembelajaran Kelas 1 2 3 4 5 6 Tahun 2020 - Setelah Admin membaca isi dari Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republiki indonesia dengan nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah yang di dalamnya dibahas perihal Silabus untuk jenjang SD, MI dan sederajat maka Admin berinisitif untuk membuat artikel ini sebagai informasi bagi Bapak dan Ibu dalam memiliki perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. Admin pada kesempatan ini akan mengumpulkan dan membagikan file silabus secara lengkap baik revisi 2020 sebagai dokumen yang wajib Anda miliki sebagai persiapan terutama untuk tahun pelajaran baru saat ini 2020-2021. Berikut penjelasan beserta link download untuk silabus K13 tersebut secara lengkap.

Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat:
a. Identitas Tema (Tematik);
b. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
d. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
e. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
f. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
g. pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;
h. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik;
i. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
j. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.

Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi maka prinsip pembelajaran yang digunakan:
1. dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu;
2. dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar;
3. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4. dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
5. dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
6. dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
7. dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
8. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
9. pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
11. pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat;
12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas;
13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik.
Terkait dengan prinsip di atas, dikembangkan standar proses yang mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran.

Pembelajaran tematik terpadu di SD/MI/SDLB/Paket A disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Standar Proses pada SDLB, SMPLB, dan SMALB diperuntukkan bagi tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, dan tuna laras yang intelegensinya normal.

Secara umum pendekatan belajar yang dipilih berbasis pada teori tentang taksonomi tujuan pendidikan yang dalam lima dasawarsa terakhir yang secara umum sudah dikenal luas. Berdasarkan teori taksonomi tersebut, capaian pembelajaran dapat dikelompokkan dalam tiga ranah yakni: ranah kognitif, affektif dan psikomotor. Penerapan teori taksonomi dalam tujuan pendidikan di berbagai negara dilakukan secara adaptif sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengadopsi taksonomi dalam bentuk rumusan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Proses pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ketiga ranah tersebut secara utuh/holistik, artinya pengembangan ranah yang satu tidak bisa dipisahkan dengan ranah lainnya. Dengan demikian proses pembelajaran secara utuh melahirkan kualitas pribadi yang sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Itulah sekilas penjelasan yang dapat Admin sampaikan perihal silabus kurikulum 2013 selengkapnya mengenai penjelasan dan file silabusnya dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini.
LINK DOWNLOAD :
Silabus Tematik Kelas I SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2020
Semester 1
TEMA 1. DIRIKU
Subtema 1 (Aku dan Teman Baru)
Subtema 2 (Tubuhku)
Subtema 3 (Aku Merawat Tubuhku)
Subtema 4 (Aku Istimewa)
Download Silabus Kelas 1 Tema 1 DISINI

TEMA 2. KEGEMARANKU
Subtema 1 (Gemar Berolahraga)
Subtema 2  (Gemar Menyanyi dan Menari)
Subtema 3  (Gemar Menggambar)
Subtema 4 (Gemar Membaca)
Download Silabus Kelas 1 Tema 2 DISINI

TEMA 3. KEGIATANKU
Subtema 1 (Kegiatan Pagi hari)
Subtema 2 (Kegiatan Siang hari)
Subtema 3 (Kegiatan Sore hari)
Subtema 4 (Kegiatan Malam hari)
Download Silabus Kelas 1 Tema 3 DISINI

TEMA 4. KELUARGAKU
Subtema 1 (Anggota Keluargaku)
Subtema 2 (Kegiatan Keluargaku)
Subtema 3 (Keluarga Besarku)
Subtema 4 (Kebersamaan Dalam Keluarga)
Download Silabus Kelas 1 Tema 4 DISINI

Semester 2
TEMA 5. PENGALAMANKU
Subtema 1 (Pengalaman Masa Kecil)
Subtema 2 (Pengalaman Bersama Teman)
Subtema 3 (Pengalaman Di Sekolah)
Subtema 4 (Pengalaman Yang Berkesan)

TEMA 6. LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI
Subtema 1 (Lingkingan Rumahku)
Subtema 2 (Lingkingan Sekitar Rumahku)
Subtema 3 (Lingkingan Sekolahku)
Subtema 4 (Berkerjasama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan)

TEMA 7. BENDA,HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU
Subtema 1 (Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup Di Sekitarku)
Subtema 2 (Hewan Di SEkitarku)
Subtema 3 (Tanaman Di Sekitarku)
Subtema 4 (Bentuk,Warna,Ukuran Dan Permukaan Benda)

TEMA 8. PERISTIWA ALAM
Subtema 1 (Cuaca)
Subtema 2 (Musim Kemarau)
Subtema 3 (Musim Penghujan)
Subtema 4 (Bencana Alam)

Silabus Tematik Kelas II SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2020
Silabus Semester 1
Tema 1 Hidup Rukun,
Subtema 1 Hidup Rukun di Rumah,
Subtema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain,
Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah,
Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat.

Tema 2 Bermain di Lingkunganku,
Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah,
Subtema 2 Bermain di Rumah Teman,
Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah,
Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata.

Tema 3 Tugasku Sehari-hari,
Subtema 1 Tugasku Sehari-hari di Rumah,
Subtema 2 Tugasku Sehari-hari di Sekolah,
Subtema 3 Tugasku Sebagai Umat Beragama,
Subtema 4 Tugasku Sehari-hari di Rumah.

Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat,
Subtema 1 Hidup Bersih dan Sehat di Rumah,
Subtema 2 Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah,
Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain,
Subtema 4 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Silabus Semester 2
Tema 5 Pengalamanku
Subtema 1 Pengalamanku di Rumah
Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah
Subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain
Subtema 4 Pengalamanku di Tempat Wisata

Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 1 Hewan di Sekitarku
Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku
Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku
Subtema 4 Merawat Tumbuhan

Tema 7 Kebersamaan
Subtema 1 Kebersamaan di Rumah
Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah
Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain
Subtema 4 Kebersamaan di Tempat Wisata

Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah
Subtema 2 Menjaga keselamatan di Rumah
Subtema 3 Aturan Keselamatan di Perjalanan
Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan

Silabus Tematik Kelas III SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2020
Silabus Semester 1
Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup
Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Subtema 3 Pertumbuhan Hewan
Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Subtema 2 Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan
Subtema 4 Menyayangi Hewan

Tema 3 Benda di Sekitarku
Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku
Subtema 2 Wujud Benda
Subtema 3 Perubahan Wujud Benda
Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku

Tema 4 Kewajiban dan Hakku
Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Silabus Semester 2
Tema 5 Cuaca
Tema 6 Energi dan Perubahannya
Tema 7 Perkembangan Teknologi
Tema 8 Praja Muda Karana

Silabus Tematik Kelas IV SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2020
Silabus Semester 1
TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN
Subtema Keragaman budayaku
Subtema Kebersamaan dalam keberagaman
Subtema Besyukur atas keberagaman
Subtema Proyek Kelas

TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI
Subtema Macam-macam sumber energy
Subtema Pemanfaat energi
Subtema Gaya dan gerak
Subtema Proyek Kelas

TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
Subtema Hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku
Subtema Keberagaman makhluk hidup dilingkunganku
Subtema Ayo cintai lingkungan
Subtema Proyek Kelas

TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN
Subtema  Jenis-jenis pekerjaan
Subtema  Barang dan jasa
Subtema  Pekerjaan orang tua
Subtema Proyek kelas

TEMA 5 PAHLAWANKU
Subtema  Perjuangan para pahlawan
Subtema  Pahlawanku kebanggaanku
Subtema  Sikap kepahlawanan
Subtema Proyek Kelas

Silabus Semester 2
TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU
Subtema  Keanekaragaman hewan dan tumbuhan
Subtema  Keindahan alam negeriku
Subtema  Indahnya peninggalan negeriku
Subtema  Subtema Proyek kelas

TEMA 7 CITA-CITAKU
Subtema  Aku dan cita-citaku
Subtema  Hebatnya cita-citaku
Subtema  Giat berusaha meraih cita-cita
Subtema Proyek kelas

TEMA 8 TEMPAT TINGGALKU
Subtema  Lingkungan tempat tinggalku
Subtema  Keunikan  daerah tempat tinggalku
Subtema  Aku bangga dengan daerah tempat tinggalku
Subtema Proyek Kelas

TEMA 9 MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI
Subtema  Makananku sehat dan bergizi
Subtema  Manfaat makanan sehat dan bergizi
Subtema  Kebiasaan makanku
Subtema Proyek kelas

Silabus Tematik Kelas V SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2020
Silabus Semester 1
TEMA 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 1 Organ Gerak Hewan
Subtema 2 Manusia dan Lingkungan
Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya
Kegiatan berbasis proyek

TEMA 2 Udara Bersih bagi Kesehatan
Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan
Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

TEMA 3 Makanan Sehat
Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?
Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh
Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat
Karyaku Prestasiku

TEMA 4 SEHAT ITU PENTING
Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat
Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah
Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia
Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

TEMA 5 EKOSISTEM
Subtema 1 Komponen ekosistem
Subtema 2 Hubungan makhluk hidup Dalam ekosistem
Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem
Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Silabus Semester 2
TEMA 6 Panas dan Perpindahannya
SUBTEMA 1 Suhu dan Kalor
SUBTEMA 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
SUBTEMA 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Kegiatan Literasi

TEMA 7 Peristiwa Dalam Kehidupan
SUBTEMA 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
SUBTEMA 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
SUBTEMA 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUBTEMA 1 Manusia dan lingkungan
SUBTEMA 2 Perubahan Lingkungan
SUBTEMA 3 Usaha pelestarian lingkungan
Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

TEMA 9 Benda-Benda di Sekitar Kita
SUBTEMA 1 Benda Tunggal dan Campuran
SUBTEMA 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi
SUBTEMA 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya
Kegiatan Berbasis Literasi

Silabus Tematik Kelas VI SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2020
Silabus Semester 1
TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan
SUBTEMA 2 Hewan Sahabatku
SUBTEMA 3 Lestarikan dan Hewan Tumbuhan
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan literasi

TEMA 2 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
SUBTEMA 1 Rukun dalam Perbedaan
SUBTEMA 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
SUBTEMA SUBTEMA 3 Bersatu Kita Teguh
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi

TEMA 3 TOKOH DAN PENEMUAN
SUBTEMA 1 Penemu yang Mengubah Dunia
SUBTEMA 2 Penemu dan Manfaatnya
SUBTEMA 3 Ayo, Menjadi Penemu
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan literasi

TEMA 4 GLOBALISASI
SUBTEMA 1 Globalisasi di Sekitarku
SUBTEMA 2 Globalisasi dan Manfaatnya
SUBTEMA 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi

TEMA 5 WIRAUSAHA
SUBTEMA 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
SUBTEMA 2 Usaha Di Sekitarku
SUBTEMA 3 Ayo, Belajar Berwirausaha
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi

Silabus Semester 2
TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEHAT
SUBTEMA 1 Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat
SUBTEMA 2 Masyarakat sehat Negara kuat
SUBTEMA 3 Membangun masyarakat sehat
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi

TEMA 7 KEPEMIMPINAN
SUBTEMA 1 Kepemimpinan disekitarku
SUBTEMA 2 Pemimpin idolaku
SUBTEMA 3 Ayo memimpin
SUBTEMA 4 Kegiataan pembiasaan Literasi

TEMA 8 BUMIKU
SUBTEMA 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya
SUBTEMA 2 Bumiku dan musimnya
SUBTEMA 3 Bumi, matahari dan bulan
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan literasi

TEMA 9 MENJELAJAH ANGKASA LUAR
SUBTEMA 1 Keteraturan yang menakjubkan
SUBTEMA 2 Benda angkasa luar dan rahasiahnya
SUBTEMA 3 Tokoh penjelajah angkasa luar
SUBTEMA 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi

0 Response to "Silabus SD Kurikulum 2013 Tahun 2020 Sesuai Permendikbud "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel