Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD MI Edisi Revisi 2017, 2018, 2019 Kurikulum 2013

Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, 2018, 2019 Kelas IV SD/MI masih dapat dipergunakan untuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Buku ini menyajikan terkait dengan karakteristik pembelajaran terkait erat dengan Standar Lulusan dan Standar Isi Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yaitu tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Kompetensi Lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai. Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang diturunkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi.

Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan.

Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan”. Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas “mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta”. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta”. Karaktersitik kompetensi beserta perbedaan lintasan perolehan turut serta mempengaruhi karakteristik standar proses. Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antar matapelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).

Adapun rincian gradasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut :

Sikap meliputi :

  • menerima
  • menjalankan
  • menghargai
  • menghayati
  • mengamalkan

Pengetahuan meliputi :

  • mengingat
  • memahami
  • menerapkan
  • menganalisis
  • mengevaluasi

Keterampilan meliputi :

  • mengamati
  • menanya
  • mencoba
  • menalar
  • menyaji
  • mencipta

Karakteristik pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Pembelajaran Karakteristik Tematik Terpadu disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik tentunya untuk siswa SD/MI/SDLB/Paket A.

Materi Pembelajaran Tamatik Terpadu Kurikulum Kelas IV SD/MI di buku ini sudah mencakup Semester 1 dan 2. Semester 1 sudah mencakup beberapa tema dan sub tema, begitu pula dengan semester 2 sudah lengkap baik bagi guru mapun bagi siswa.

Buku ini merupakan buku siswa dan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Buku edisi ini merupakan cetakan dari edisi sebelumnya yaitu cetakan ke 1 tahun 2013, cetakan ke 2 tahun 2014, cetakan ke 3 tahun 2016, dan cetakan ke 4 tahun 2017 edisi revisi.

Buku ini dirancang untuk menumbuhkan perkembangan kompetensi siswa baik dalam sikap spiritual, sikap sosual, ilmu pengetahuan dan keterampilan secara utuh. Adapun pencapaianya memadukan ketiga ranah tersebut secara utuh yaitu melalui proses pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mencapai tujuan kurikulum maka harus dibantu dengan adanya sarana buku tematik berbasis aktivitas yang memadai untuk mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditetapkan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi ini berisi :

  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap awal subtema, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
  10. Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
  11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  12. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.
Sedangkan untuk Buku Guru Kelas IV SD/MI ini berisi :

Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.

  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.

  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Untuk menunjang pembelajaran yang diharapkan tentunya Bapak Ibu Guru kelas IV SD/MI memerlukan buku yang lengkap baik untuk semester ganjil maupun semester genap, baik untuk pembelajaran bagi peserta didik maupun acuan bagi guru dalam memberikan materi. Jangan lupa guru harus kerjasama dengan orang tua peserta didik agar peserta didik mendapatkan bimbingan belajar dari orang tuanya di rumah, hal ini penting sekali agar tidak ada sesuatu hal yang yang menghampat terhadap proses perkembangan pembelajaran anak. Misalnya guru memberikan tugas maka orang tua harus membantu mendampingimnya.

Untuk membantu baik bagi guru maupun peserta didik buku ini kami sharekan dan dapat di download secara gratis melalui link yang telah di sediakan pada paragraf di bawah ini.

Di bawah ini link download Buku Guru dan Siswa Tematik Terpadu Kelas IV (4) SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revsisi 2018, 2019 tentunya masih dapat diberlakukan dan dipergunakan bagi pembelajaran untuk Tahun Pelajaran 2021/2022.

BUKU GURU K13 SD/MI KELAS 4 SEMESTER 1 DAN 2

SEMESTER 1

SEMESTER 2

BUKU SISWA K13 SD/MI KELAS 4 SEMESTER 1 DAN 2

SEMESTER 1

SEMESTER 2

Sebagai penutup dari artikel ini, kami sajikan bonus Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI Revisi 2018, 2019

Silahkan download di bawah ini !

Demikianlah yang dapat kami informasikan terkait dengan Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 4 untuk SD/MI Revisi 2017, 2018, 2019 yang dapat kami bagikan. Semga buku-buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD MI Edisi Revisi 2017, 2018, 2019 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel