Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74, 75 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

 Selamat berjumpa dengan blog filerppkurikulum2013. Pada kali ini akan membagikan Kunci Jawaban dari soal-soal yang terdapat dari Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester Ganjil Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74, 75.




Amatilah gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Kegiatan yang napak pada gambar di atas adalah .... jawab : Anak-anak sedang bermain sepak bola.
  2. Kegiata di atas termasuk permainan yang menggunakan .... jawab : gerakan kaki
  3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah .... jawab : lapangan yang luas
  4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut? jawab : olahraga pemanasan.
atau dapat juga jawaban Anda pada kolom seperti di bawah ini.

Selesai membantu mengemas selada, Beni membantu Pak Anto memanen kol. Hasil panen kali ini sangat bagus, bentuknya bulat dan besar.
“Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kali ini sangat bagus,” sahut pak Anto.
“Benar sekali, Pak. Bentuknya sudah seperti bola saja. Saya seperti ingin menendangnya saja... he... he.... ” canda Beni.
“Ah, bisa saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto.
“Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak Anto.
“Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima umpan lho, Pak”, sahut Beni.
Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.
Coba kamu amati aktivitasmu sehari-hari. Saat kita berjalan, mengapa kaki kita bisa bergerak? Mengapa juga tangan kita bisa berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita bisa bergerak karena pada kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang bisa mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot merupakan alat gerak.
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Ayo Mengamati

gambar kerangka manusia
Ayo Berlatih
Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut.
Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis.
Jawaban :

nama-nama tulang pada lengan manusia

nama-nama tulang pada kaki manusia
Halaman 66
Ayo Mencoba
Untuk menambah pemahamanmu tentang organ gerak manusia yang berupa tulang, buatlah model sederhana rangka manusia dari bahan bubur kertas.
Langkah-langkah kerja :
1. Siapkan alat dan bahan
  • Gungting
  • Ember
  • Kertas koran
  • Kawat kasa
  • Pati kanji
  • Cat warna dan kuas
2. Buaslah rangka patung dari kawat kasa

3. Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan

4. Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air.
5. Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.

6. Tempelkan bubur koran pada rangka kawat.
7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari agar tidak retak
8. Warnailah dengan menggunakan cat.
Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut.
Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

Kunci Jawaban :
Nama Tulang Lengan dan Fungsinya : 
  • Tulang hasta fungsinya sebagai alat gerak, menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.
  • Tulang atas fungsinya penghubung atau perantara antara bahu dan tulang lengah bawah.
  • Tulang pengumpil fungsinya penguhung antara bagian siku dan tangan melalui ibu jari.
  • Tulang pergelangan tangan fungsinya sebagai penghubung antara tulang tangan dengan tulang lengan bawah.
  • Tulang telapak tangan fungsinya sebagai penghubung antara tulang pergelangan tangan dan jari-jari tangan.
  • Tulang paha fungsinya sebagai penyangga tubuh
  • Tulang kering fungsinya sebagai penyambung antara lutut dan pergelangan kaki.
  • Tulang betis fungsinya membantu tulang kering untuk menjaga keseimbangan tubuh
  • Tulang pergelangan kaki fungsinya sebagai penghubung antara telapak kaki dan tulang tungkai bagian bawah.
  • Tulang telapak kaki fungsinya untuk aktivitas bergerak manusia, seperti berdiri, berjalan dan bergerak ke tempat lain.
  • Tulang jari kaki fungsinya untuk menjaga keseimbangan tubuh.
Halaman 69
Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. 
Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!
Jawaban :
  1. bermain bola voli
  2. berjlan, lari, melompat, jongkok
  3. renang
  4. mandi
  5. menulis
  6. menyapu lantai, dan masih banyak yang lainnya

Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian tubuh kita.
Sudahkah kamu bersyukur atas itu semua? Bagaimana caramu bersyukur?
Jawaban :
  • Saya sudah bersyukur
  • Saya bersukur dengan melaksnakan semua perintahnya dan menjauhi segala yang dilarangnya, menggunkan organ tubuh dengan aktivitas yang bermanfaat.
Ayo Membaca.

Penyandang Cacat yang Sukses

Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.
Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.
“Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.
Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor sebagai staf personalia. Tapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Maka, dimulailah periode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti berbagai kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI bagi penyandang cacat. Salah satu kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membuat kerupuk dari singkong.
Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membuat kerupuk dari
singkong.
“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Pada awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram. “Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.
Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.
Dia juga sudah memiliki merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.
“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame adalah singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.
Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
“Namanya juga tidak punya kaki, saya sempat bingung juga, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang las, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tidak lupa dia juga menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan.
“Motor itu benar-benar membantu mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.
Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan saat Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.
Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar biasa. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 persen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, maka Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.

Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.
Jawaban :
  1. Ide Pokok Paragraf 1 : Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan.
  2. Ide Pokok Paragraf 2 : Meski tubuhnya tak sempurna.
  3. Ide Pokok Paragraf 3 : “Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,”
  4. Ide Pokok Paragraf 4 : Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.
  5. Ide Pokok Parafraf 5 : Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.
  6. Ide Pokok Paragraf 6 : “Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.”
  7. Ide Pokok Paragraf 7 : Menceritakan awal memproduksi krupuk dari bahan baku singkong.
  8. Ide Pokok Paragraf 8 : Mengenang dagangan pertama sebulan dagangan kerupuk baru habis.
Kamu telah membaca bacaan di atas, tentunya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung pada panjang dan bobot bacaan. Tentunya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.

Ayo Berkreasi
Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi jika membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada saat membaca buku, sebenarnya isi dari sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.
Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi
serta menguatkan isi dari buku.
Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.
  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
  3. Terdapat nama penulis.
  4. Terdapat identitas penerbit.
  5. Menyertakan gambar yang menarik.
  6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
  7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.
Coba kamu perhatikan contoh cover berikut.


Sekarang giliranmu untuk membuat gambar pada cover atau sampul buku. Kamu dapat membuatnya berdasarkan isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.

Jawaban :
Inilah salah satu conto Cover Judul Penyandang Cacat yang Sukses
Contoh Cover Judul Penyandang Cacat yang Sukses
Setelah gambar selesai kamu buat, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan guru dan teman-temanmu.
Jangan lupa untuk meminta masukan atau pendapat dari guru dan teman-temanmu terhadap gambar dan ceritamu.
Tuliskan masukan dan pendapat tersebut pada kolom berikut.

Jawaban :
Contoh masukan dan pendapat.
1. Covermu bagus sekali
2. Wah, bagus sekali hasil cover buatanmu.
3. Kalau ditambahkan bacaan misalnya Bacaan untuk Umum
4. Coba pilih bentuk huruf yang lebih menarik.
5. Tuliskan nama penulis buku ini.
7. Tuliskan nama penerbitnya.
8. Tulis ideentitas pada punggung buku

Beni senang sekali. Tanpa terasa, Beni sudah dapat beberapa keranjang sayur Kol. Kol-kol tersebut kemudian dikumpulkan untuk kemudian dibersihkan dan dikemas. Pak Anto merasa sangat terbantu dengan adanya Beni.
Pak Anto mengajak Beni dan pekerja lainnya untuk beristirahat sebentar. Mereka diajak menikmati air teh dan ketela rebus yang dibawanya dari rumah Pak Anto.

Ayo Renungkan

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
    Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
    Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
    Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
    Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida
   
   Jawaban :
MakanSayur Bayam Membuat Badan Kita Sehat
  Makan sayur membuat sehat. Artinya dengan banyak makan syur bayam badan kita menjadi sehat. Karena sayur bayam banyek mengandung vitamin.
  Aku gemar makan sayur. Maka Ibuku setiap membuat masakan selalu ada sayur bayam. Karena di halaman rumahku terdapat tanaman sayur-sayuran termasuk bayam. Bapak menanamnya dibantu oleh aku.
  Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Ibu mengerti sekali makanan sayur kesukaanku. Hidangan makanan yang ada di meja makan selaku tersedia sayur bayam. Rasanya aku tergugah dan tidak susah untuk makan karena ada sayur kesukaanku. Masakan ibu sangat enak sekali.
   Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida. Tanaman sayuran yang ada di halaman selau menggunakan pupuk kompos dan pupuk kandang, ayah tidak memupuknya dengan menggunakan bahan dari kimia, karena bahan kimia mengandung bahan yang berpestisida. Sayuran atau tanaman yang mengandung pestisida membahayakan terhadap kesehatan tubuh. Karena aku tahu bahwa sayuran yang ditanam dihalaman rumah tidak mengandung pestisida, sayurnya pun sehat bebas dari pestisida.

Itulah salah satu contohnya. Ini hanya untuk bahan atau refernsi Bapak Ibu di rumah untuk membuat karangan anak-anak sesuai ide pokok paragraf.

Tukarkan hasilnya kepada temanmu. Mintalah pendapat temanmu tentang hasil karanganmu.

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya. Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu? Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?

Salah satu jawaban alternatif :

Apabila salah satu organ gerak dalam tubuh rusak maka tidak akan dapat bekerja sebagaimana mestinya orang normal.
Tidak akan bekerja semaksimal mungkin, seperti bekerjanya orang normal.
Maka dengan itu kiat harus selalu menjaga organ gerak supaya tidak rusak, misalnya dengan cara olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat, mandi sehari minimal 2 kali, tidur yang cukup, tidak menonton televisi terlalu atau handphone terlalu lama. 

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah.
Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.

Demikianlah yang dapat kami berikan tentang jawaban-jawaban dari Buku Tematik terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Semester 1 Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran 2 dari halaman 63 sampai dengan halaman 75.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Semester 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74, 75 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel