Soal dan Kunci Jawaban Tes Seleksi P3K Paket 1 Kemampuan Teknis

Untuk mempersiapkan diri Bapak Ibu Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK / P3K yaitu dengan cara banyak membaca dan berlaih mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan soal-soal yang dimungkinkan akan muncul ketika pelaksanaan tes atau seleksi PPPK. Untuk itu kami sajikan soal untuk latihan yang dilengkapi dengan jawaban yang judul soalnya "Paket 1 Simulasi Tes Seleksi P3K Tahun 2019. dengan rentang waktu pengerjaannya selama 90 menit. Adapun contoh soal dan kunci jawaban yang disajikan yaitu Soal Kemampuan Teknis = 40 Soal yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Untuk menambah wawasan kemampuan seseorang dibiasakannya dengan sering-sering mengerjakan soal seperti berikut ini.

Inilah selengkapnya 

Soal dan Kunci Jawaban Tes Seleksi Paket 1 Tentang Kemampuan Teknis

SOAL

1. Yang tidak termasuk media cetak adalah ....
a. Foster
b. Folder
c. Video 
d. Brosur
e. Pamphlet

2. Bahan cetak manual adalah ....
a. Kertas Gambar
b. Palet
c. Penggaris Mika
d. Kuas
e. Tinta

3. Media tercetak berupa lipatan adalah ....
a. Folder
b. Leaflet
c. Video
d. Foster
e. Brosur

4. Pesan dari penyuluh adalah ....
a. Pesan
b. Materi
c. Infotrmasi
d. Media
e. Fasilitas

5. Anatomi design foster yang memuat judul adalah ....
a. Article
b. Heading
c. Literasi
d. Tema
e. Topic

6. Teachingaids adalah ....
a. Alat bantu mengajar
b. Dasar pengajar
c. Pengajar
d. Simulasi
e. Demontrasi

7. Behavior theory adalah ....
a. Teori sikap
b. teori ilmu
c. Teori tingkah laku
d. ilmu politik
e. teori kasus

8. Berkunjung kerumah petani merupakan teknik ....
a. demontrasi
b. anjangsana
c. temu usaha
d. temju wisata
e. temu muka

9. Mengadakan penyuluhan dengan membawa alat peraga meruoakan teknik ....
a. temu usaha
b. demontrasi
c. anjang sana
d. temu wisata
e. tatap muka

10. Sistem penyuluhan dibahas dalam ....
a. UU No. 16 Tahun 2006
b. UU No. 14 Tahun 2006
c. UU No. 14 Tahun 2004
d. UU No. 7 Tahun 1973
e. UU No. 7 Tahun 1972

11. Hal yang harus diperhatikan adalah derajat kondisi yang akan dicapai yang merupakan ....
a. Degree
b. Behavior
c. Audience
d. Actionary
e. Condition

12. Penyuluh disebut juga ....
a. Pelaku utama
b. Pelaku usaha
c. Pegawai pemerintah
d. Pemberi pesan
e. Pelayan konsumen

13. Administrasi penyuluhan dipandang sebagai kegiatan pemberdayaan sumberdaya manusia, khususnya pada sasaran berikut, kecuali ....
a. petani
b. penyuluh
c. kontak tani
d. sejawat
e. penyewa lahan

14. Administrasi penyuluh sebagai total sistem harus dapat bergerak menuju sasaran dan tujuan yang mempunyai kesatuan ....
a. hamparan
b. kelompok
c. pola pikir
d. domisili
e. sebab akibat

15. Upaya yang berkaitan dengan administrasi personalia adalah ....
a. Perbaikan sarana yang dibutuhkan penyuluh, diantaranya mobilitas yang tinggi, sumberdaya material, perumahan
b. Penyediaan dana yang mencukupi untuk kelancaran tugas penyuluhan
c. Adanya sistem pelaporan dan evaluasi yang baik
d. Setiap staf penyuluhan harus diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan
e. Badan Pemeriksa Khusus

16. Salah satu peran kelompok adalah sebagai kelas belajar, artinya kelompok tani merupakan ....
a. Tempat memperkuat kerjasama diantara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani serta dengan pihak lain
b. Wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga tumbuh kemandirian anggota dalam berusahatani.
c. Alat komunikasi yang baik antar sesama anggota, anggota dengan pengurus serta anggota/pengurus dengan penyuluh, bank dan KUD
d. Wadah usaha tani yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota kelompok tani yang dipandang sebagai satu kesatuan yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi
e. Satu kesatuan yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi.

17. Pernyataan yang benar terkait dengan KTNA adalah ....
a. Merupakan organisasi dari kontak tani nelayan andalan hanya di wilayah kecamatan dan kabupaten/kota
b. Semua kontak tani/ketua kelompok tani menjadi anggota KTNA
c. Merupakan organisasi formal perwakilan petani
d. Merupakan organisasi dari kontak tani nelayan andalan hanya di pusat
e. Berfungsi sebagai wadah musyawarah petani-nelaran serta mitra pemerintah dalam menyelesaikan permaslahan petani nelayan di wilayahnya.

18. Pengertian rempug paripurna dalam kegiatan KTNA adalah ....
a. Pertemuan lengkap seluruh anggota KTNA tingkat wilayah untuk menetapkan pengurus harian dan mengembangkan peran petani-nelayan dalam pembangunan pertanian
b. Pertemuan lengkap seluruh pengurus harian ditambah utusan/wakil petani-nelayan dari tingkat di bawahnya yang membahas masalah umum kegiatan KTNA
c. Pertemuan antara pengurus harian ditambah dengan beberapa KTNA lainnya untuk :
    menetapkan ketua KTNA dan ahli andalan sebagai delegasi mimbar sarasehan;
    membahas masalah; dan menindaklanjuti hasil mimbar sarasehan
d. Pertemuan pengurus harian KTNA untuk membahas kepentingan petani nelayan di wilayah yang bersangkutan
e. Pertemuan khusus pengurus harian KTNA untuk : menetapkan ketua KTNA dan ahli andalan sebagai delegasi mimbar sarasehan; membahas masalah; dan menindaklanjuti hasil mimbar sarasehan

19. Berikut adalah upaya yang dilakukan KTNA dalam rangka penataan dan perbaikan organisasi, kecuali ....
a. penguatan organisasi dengan cara pemilihan KTNA secara demokratis dan transparan 
b. jumlah KTNA setiap desa sebaiknya tetap
c. KTNA harus dapat mengatur pelaksanaan hak dan kewajiban anggota
d. perlu campur tangan pemerintah dalam peroses pemilihan KTNA
e. jumlah KTNA dari setiap desa sebaiknya harus sesuai dengan setiap wilayah

20. Berikut merupakan teknis administrasi tentang BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), kecuali….
a. wilayah kerjanya mencakup 2 – 3 wilayah kecamatan
b. terdiri dari beberapa wilayah binaan
c. wilayah binaan dikenal sebagai wilayah kerja penyuluhan pertanian (WKPP)
d. tiap WKPP dilayani oleh 2 orang petugas penyuluh lapangan (PPL) yang mencakup satu
atau beberapa desa
e. wilayah kerjanya mencakup 1 – 2 wilayah kecamatan

21. Salah satu fungsi komisi penyuluhan pertanian propinsi adalah….
a. melakukan kerjasama antara peneliti, penyuluh pertanian, kontak tani, dan pelaku agribisnis
b. membuat demplot, pengembangan model usahatani, kemitraan agribisnis, dan ketahanan pangan
c. menyiapkan penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional
d. menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, pasar bagi petani 
e. menjembatani penyediakan lahan dan bibit

22. Penyuluh dapat memilih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, ekonomi dan sosial . Pernyataan tersebut merupakan peran penyuluh sebagai….
a. guru
b. penasehat
c. penganalisis
d. organisator 
e. fasilitator

23. Pernyataan berikut merupakan faktor pengikat upaya penumbuhan kelompok, kecuali adanya ….
a. kepemimpinan kelompok
b. kesamaan dalam kehidupan sosial
c. saling percaya mempercayai antara sesama anggota
d. kesamaan kondisi sumberdaya manusia dalam berusahatani-nelayan 
e. kepemimpinan individu

24. Berikut adalah tugas tambahan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dalam membantu PPS (Penyuluh Pertanian Spesialis) , kecuali….
a. mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan
b. mengolah dan menganalisis data untuk penyusunan program penyuluhan
c. meningkatkan swakarya dan kemandirian petani
d. pembuatan demplot, kaji widia, dan penulisan ilmiah
e. mengolah dan menganalisis data dan melaporkan

25. Tugas seorang generalis ketika bekerjasama dengan seorang spesialis adalah….
a. mengintegrasikan berbagai pengetahuan khusus menjadi rekomendasi yang praktis
b. menjadikan perencana program penyuluhan menyadari masalah petani yang dapat dipecahkan oleh spesialisasi mereka
c. menjadikan generalis sadar akan perkembangan bidang keahlian mereka melalui ceramah, penelitian, dan latihan yang sistematis
d. menjalin hubungan yang baik dengan kelompok sasaran untuk menjamin bahwa informasi yang dibuat sesuai dengan keperluan audiens
e. menyatukan dua pendapat yang berbeda.

26. Menuangkan arah kebiijakan penyuluhan pertanian, merupakan tugas jabatan penyuluh yang bergolongan ….
a. I
b. II
c. IIIa
d. IIIb 
E. IV

27. Model yang menunjuk kan adanya keterkaitan secara integral antara sumber teknologi, penyuluh/kontak tani dan petani dalam proses inovasi suatu tek nologi termasuk ke dalam model….
a. penelitian dasar da n terapan
b. pengembangan dan difusi
c. pemecahan masalah
d. interaksi sosial
e. interpersonal

28. Dorongan atau bimbingan dari pemerintahi bagi peningkatan kerjasama kelompok-kelompok tani dapat diperlihatkan dalam bentuk….
a. penyediaan bahan- bahan khusus
b. membasmi hama-h ama yang umum
c. organisasi koperasi
d. kegiatan politik petani
e. membeli hasil panen dengan harga tinggi

29. Yang dimaksud dengan diversifikasi usaha dalam pembangunan pertanian adalah....
a. peningkatan produk tivitas berbagai sumber daya yang ada secara efektif
b. peningkatan luas areal pertanian/perikanan/peternakan
c. suatu proses pendalaman dan perluasan spektrum pembangunan pertanian
d. usaha pemulihan k emampuan produktivitas sumber daya pertanian
e. usaha pemulihan k emampuan produktivitas sumber daya untuk penyuluh

30. Yang termasuk kedalam tujuan pembangunan pertanian antara lain… .
1. Memelihara dan meningkatkan ketahanan pangan serta kualitas g izi masyarakat
2. Meningkatkan daya saing hasil pertanian
3. Rangkaian panjang dari pengembangan kemampuan dan k eberdayaan petani didalam mengelola usaha taninya
a. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
b. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
c. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
d. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
e. Jika pernyataan 1 saja benar

31. Ruang lingkup penyuluhan pertanian dalam pembangunan pertanian meliputi….
1. pengembangan budi daya pertanian
2. pembangunan usaha pertanian
3. pengembangan kelembagaan pertanian
a. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
b. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
C. Jika pernyataan 1, saja benar
d. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar
e. Jika pernyataan 2 dan 3 benar

32. Beberapa dampak neg atif dari adanya revolusi hijau dalam pemb angunan pertanian adalah ....
1. kualitas tanah menurun akibat penggunaan agroinput kimiawi secara intensif
2. keragaman jenis pro duksi pertanian meningkat
3. adanya kemungkina n ledakan hama dan penyakit
a. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
b. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
c. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
d. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar
e. Jika pernyataan 2 dan 3 benar

33. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pertanian yang tangguh adalah ....
1.pemanfaatan sumber daya yang dipunyai secara optimal
2.berperan positif dal am pembangunan regional dan nasional
3.sistem agribisnis yang berakar kuat di perkotaan
a. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
b. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
c. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
d. Jika pernyataan 2 dan 3 benar
e. Jika pernyataan 2 dan 3 benar

34. Dampak dari kondisi l ingkungan strategis yang terus berkembang secara dinamis dan menjurus pada libe ralisme perdagangan internasional dan investasi terhadap pembangunan pertania n akan mendorong ....
1.mekanisme pasar be kerja dengan hambatan minimum
2.persaingan dalam in ternasional menjadi semakin terbuka dan tra nsparan 3.munculnya tindakan proteksi perdagangan dunia dalam bentuk nontarif yang diskriminatif
a. Jika pernyataan 1 dan 2 benar
b. Jika pernyataan 1 dan 3 benar
c. Jika pernyataan 1, 2 dan 3 benar
d. Jika pernyataan 1,2 dan 3 benar
e. Jika pernyataan 2 dan 3 benar

35. Berdasarkan suplai air, lahan basah yang pengairannya tergantung pada naik turunnya permukaan air sungai merupakan pertanian ....
a. lahan kering
b. lahan sawah
c. lahan lebak
d. lahan pasang surut
e. lading

36. Dalam suatu sistem p ertanian dengan Intensitas Rotasi (R)= 70 %, maka pertanian tersebut tergolong ....
a. sistem perladangan
b. sistem bera
c. sistem permanen
d. sistem rotasi bera
e. system semi permanen

37. Hasil tanaman pangan riil di daerah tropik negara berkembang lebih kurang separuh dari hasil negara berpenghasilan tinggi di daerah beriklim sedang karena ....
a. kualitas sumberdaya rendah
b. lahan tidak subur
c. perubahan musim t idak teratur
d. efisiensi photosintesis di daerah tropik rendah
e. pengelolaan pertanian yang baik

38. Tanah dengan akumulasi mineral amorphous disubhorizon merup akan tanah abu dari Ordo ....
a. Alfisol
b. Spodosol
c. Histosol
d. Ultisol
e. Histosol dan Ultisol

39. Penggunaan media penyuluhan pertanian dapat mempermud ah sasaran dalam memahami dan meng ingat pesan yang terkandung dalam mate ri, hal ini disebut sebagai fungsi :
a. Afektif
b. Atensi
c. Kompensatoris
d. kognitif 
e. analisis

40. Konstituen hasil pert anian dalam kegiatan penyuluhan pertanian termasuk sasaran suluh:
a. pendukung
b. utama
c. penentu
d. sukarela
e. pokok

KUNCI JAWABAN

1. c
2. a
3. a
4. c
5. b
6. a
7. c
8. b
9. b
10. a
11. a
12. d
13. a
14. c
15. d
16. b
17. e
18. b
19. a
20. e
21. c
22. b
23. a
24. a
25. a
26  e
27. d
28. c
29. c
30. a
31. d
32. b
33. a
34. a
35. b
36. c
37. d
38. b
39. d
40. a
Demikianlah yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini.Semoga bermanfaat. Aamiin yra.

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Tes Seleksi P3K Paket 1 Kemampuan Teknis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel