Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 54, 55, Buku Kelas 5 SD/MI Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1

File RPP Kurikulum 2013-Selamat berjumpa kembali para orang tua wali murid/siswa, beserta peserta didik tercinta khususnya kelas 5 SD/MI yang sedang belajar mandiri di rumah mengerjakan tugas-tugas daring atau PJJ yang diberikan oleh Bapak Ibu Guru. Pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan kuncijawaban dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V SD/MI Edisi Revisi 2017, untuk membantu Bapak Ibu sebagai orang tua wali siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemi.

ilustrasi anak kelas 5 sedang belajar mandiri di rumah

Baiklah kita mulai dari halaman 51.

Hari menjelang sore. Sudah saatnya Edo kembali ke rumah. Namun, sebelum pulang Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Kandang kelinci dibersihkan untuk menjaga kesehatan kelinci.

Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.
Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Kunci Jawaban halaman 51
Paragraf 1
Ide Pokok : Edo sedang berkunjung ke rumah Pak Rudi.
Paragraf 2
Ide Pokok : Pak Rudi memelihara banya kelinci.
Paragraf 3
Ide Pokok : Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci.
Paragraf 4
Ide Pokok : Kandang kelinci menjadi bersih.
Paragraf 5
Ide Pokok : Kelinci-kelinci Pak Rudi semuanya sehat.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh hewan lain yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?
Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.
Tahukah kamu, sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.
Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Kunci jawaban :

Paragraf 1

Ide Pokok : Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Pragraf 2

Ide Pokok : Kupu-kupu termasuk hewan serangga.

Paragraf 3

Ide Pokok : Tahukah kamu, sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan? penjelasan tentang sayap kupu-kupu.

Paragraf 4

Ide Pokok : Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.

halaman 54

Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.
Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata. Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.
Tugas Halaman 54, 
Jawaban :
Hewan Vertebrata          : Kelinci dan kupu-kupu
Hal yang dibandingkan : Tulang belakang
Penjelasn                       : Hewan vertebrata memiliki tulang belakang.
Hal yang dibandingkan : Gerakan
Penjelasan                     : Gerakan hewan yang termasuk vertebrata lincah dan cepat.
Hal yang dibandingkan : Cara geraknya
Penjelasn                       : Hewan Vertebrata berpindah tempat dengan cara berjalan, lari, atau loncat.

Hewan Avertebrata        : Siput
Hal yang dibandingkan : Tulang belakang
Penjelasan                     : Hewan Avertebrata tidak memiliki tulang belakang
Hal yang dibandingkan : Gerakan
Penjelasan                     : Gerakan hewan avertebrata lambat
Hal yang dibandingkan : Cara bergerak
Penjelasan                     : Hewan avertebrata berpindah tempat dengan merayap atau melata.

Presentasikan hasil perbandinganmu di depan guru dan teman-temanmu. Agar lebih menarik dan mudah dalam memahami, gunakan model sederhana dari binatang yang kamu presentasikan.
Namun sebelumnya, buatlah model sederhananya. Sama seperti kegiatan pembelajaran sebelumnya, kamu dapat membuat model sederhana dengan menggunakan bahan dari karton, kardus, plastisin, maupun kawat. Perhatikan contoh berikut.
Dengan mempelajari organ gerak hewan, kita makin tahu betapa sempurnanya ciptaan Tuhan. Sudahkah kamu menyayangi hewan?
Tunjukkan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu menyayangi hewan.
Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan binatang yang dibuat siswa.

marilah kita renungkan

Dengan mempelajari organ gerak hewan, kita makin tahu betapa sempurnanya ciptaan Tuhan. Sudahkah kamu menyayangi hewan?Tunjukkan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu menyayangi hewan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ajaklah teman, saudara, dan orang tuamu untuk menyayangi hewan-hewan yang ada di sekitar. Jangan merusak habitat hidupnya dan peliharalah dengan baik jika kamu memiliki hewan peliharaan.

Kunci jawaban Halaman 51, 52, 53, 54, 55, Buku Kelas 5 SD/MI Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 ini sipatnya terbuka tidak mengikiat tetapi harus tetap mengacu kepada materi pembelajaran yang sesuai dengan buku.
Jawaban-jawaban di atas untuk membantu para orang tua dalam membimbing belajar anak-anak di rumah selama masa pembelajaran jarak jauh.

0 Response to "Kunci Jawaban Halaman 51, 52, 53, 54, 55, Buku Kelas 5 SD/MI Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel