Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Halaman 42, 43, 44, 46, 49, 50 Kelas 5 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013

 Pada waktu sebelumnya admin telah memuat kunci jawaban pembelajaran 1, 2, 3, dan 4, sekarang marilah kita membahas kunci jawaban untuk pembelajaran 5 pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 halaman 42, 43, 44, 46, 49 sampai halaman 50 Kelas V SD/MI Semester 1 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan.

Mari kita baca terlebih dahulu materi pembelajaran 5


Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya.

"Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakkannya ko berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan melompat, sedangkan siput bergerak sangat pelan. Mengapa bisa begitu, ya?" gumam Edo penasaran.



Temukan perbedaannya.
Jawaban :
di bawah ini ada 5 perbedaan Karakter Kelinci dan Karakter Siput adalah sebagai berikut.
Karakter kelinci :
1. hewan vertebrata
2. gerakannya lincah dan berjalan atau berlari cepat
3. berpindah tempat dengan cepat, berlari, lompat, loncat
4. tubuhnya penuh dengan bulu halus
5. termasuk hewan bertulang belakang
Karakter siput :
1. hewan avertebrata
2. berjalan pelan atau merayap
3. gerakannya lambat
4. tubuhnya dilindungi cangkang atau tempurung yang keras
5. hewan tidak bertulang belakang

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, uburubur, cumi-cumi, dan lain-lain.
Amatilah organ gerak siput berikut.



Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya.
Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
Jawaban :
1. Belalang dengan organ gerak kaki depan kaki depan, fungsi kaki untuk berjalan, melompat, mencengkram batang pohon agar tidak jatuh ke bawah
2. Cacing organ gerak perut otot seluruh tubuhnya, fungsinya untuk berpindah tempat.
3. Ubur-ubur organ geraknya tentakel, fungsinya untuk bergerak naik dan turun di dalam air.
kunci jawaban halaman 43 nama hewan, organ gerak dan fungsinya

Ayo Berkreasi
Pilihlah salah satu hewan avertebrata. Kemudian buatlah model sederhana organ gerak dari hewan yang kamu pilih tersebut menggunakan plastisin.
Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya.
Perhatikan contoh berikut.

Ceritakan gambar yang telah kamu buat di hadapan guru dan teman-teman satu kelasmu. Mintalah pendapat atau masukan dari guru dan temantemanmu.
Catatlah pendapat atau masukan tersebut pada kolom berikut.

Kunci jawaban :

A.    Pendapat/ Masukan Guru:

Siput menghasilkan lendir yang membantu pergerakan siput dan menjaga kelembapan tubuh,

b. Pendapat/ Masukan Teman

Siput memiliki tentakel sebagai alat pendeteksi atau alat raba bekicot dalam mencari makanan.

Jawaban:

Organ gerak pada siput adalah kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar. Fungsi utama kaki perut pada siput adalah untuk bergerak dan berpindah tempat. Siput bergerak sangat lambat. Gerakan otot perut siput mengangkat bagian tubuh, dan menggerakkannya ke arah depan. Jika dilihat dari atas, siput terlihat seperti meluncur perlahan.

Siput Bukanlah Hewan Lemah

Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.
Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?
Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.
Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.
Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.
Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

Kunci jaeaban halaman 46 :
  1. Ide pokok paragraf 1: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Kalimat pengembang : Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci.
  2. Ide pokok paragraf 2: Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kalimat pengembang : Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain.
  3. Ide pokok paragraf 3: Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kalimat pengembang : Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai.
  4. Ide pokok paragraf 4: Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Kalimat pengembang : Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus.
  5. Ide paragraf 5: Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dan juga dalam mempertahankan diri dari serangan predator. Kalimat pengembang : Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir.
Kamu telah berhasil menemukan dan menuliskan ide pokok dan kalimat pengembang, sekarang coba tuangkan isi bacaan di atas ke dalam sebuah gambar cerita.

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari ragam gambar cerita atau ilustrasi. Dalam membuat gambar cerita kamu juga harus mengetahui corak gambar cerita atau ilustrasi.
Corak gambar cerita atau ilustrasi adalah sebagai berikut.

1. Realis

Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh berikut ini.

2. Karikatur

Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

3. Kartun

Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

4. Dekoratif

Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.

Nah sekarang coba buatlah gambar ilustrasi mngenai cerita "Siput Bukalah Hewan Lemah". Kamu bisa memilih salah satu corak gambar di atas.

Kunci Jawaban halaman 49

Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal 2 istilah yang erat kaitannya dengan paragraf yaitu ide utama dan penjelas. Ide utama adalah ide yang terletak dalam kalimat utama dan menjadi penggagas terbentuknya suatu paragraf. Sementara itu, ide penjelas atau pengembang merupakan ide yang terletak dalam kalimat penjelas dan berfungsi untuk menjelaskan ide utama. Selain fungsinya, ide utama juga kerap digunakan untuk menentukan pola pengembangan dalam paragraf, yaitu dalam bentuk paragraf deduktif dan induktif.

Pada kesempatan kali ini, soal meminta kita untuk menemukan ide pokok dan kalimat pengembang dari cerita Siput Bukanlah Hewan Lemah.

Paragraf 1

Ide pokok: siput dianggap hewan yang lamban dan menjijikkan.

Kalimat pengembang:

Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir. Namun dibalik anggapan-anggapan itu, sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?

Paragraf 2

Ide pokok: siput berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan

Kalimat pengembang:

Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Paragraf 3

Ide pokok: siput hewan pengembara yang mandiri

Kalimat pengembang:

Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Paragraf 4

Ide pokok: siput mampu bertahan hidup dengan baik dan beradaptasi di lingkungannya.

Kalimat pengembang:

Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Paragraf 5

Ide pokok: siput bukanlah hewan yang lemah

Kalimat pengembang:

Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Contoh lain tentang ide utama dapat kamu pelajari pada halaman berikut:

Simpulan:

Ide utama adalah ide yang terletak dalam kalimat utama dan menjadi penggagas terbentuknya suatu paragraf. Sementara itu, ide penjelas atau pengembang merupakan ide yang terletak dalam kalimat penjelas dan berfungsi untuk menjelaskan ide utama.

Gambarkan kembali organ gerak salah satu hewan avertebrata pada kolom berikut.


Jawaban halaman 50 :
laba-laba

Laba-laba adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah.

Pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari hewan tersebut?
Kunci jawaban halaman 50
Jadilah seperti laba-laba, yang terus menerus membangun rumahhnya ketika rusak. Ketika sarangnya dirusak, laba-laba ini perlahan tapi pasti kembali membangun sarangnya yang dirusak tadi. 
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, amatilah hewan-hewan di sekitar rumahmu. Catatlah hewan-hewan yang termasuk jenis avertebrata.

Kunci jawaban dari soal-soal kelas V SD/MI Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 yang terdapat dalam Buku Siswa Tematik Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini hanyalah untuk membantu para orang tua dalam pembelajaran putera-puteri tercinta, agar ada referensi atau acuan terbaik bagi perkembangan pembelajaran secara mandiri di rumah. Dan jawaban-ajawaban di atas dapat pula dikembangkan sesuai dengan kemampuan atau pengetahuan orang tua, atau dapat juga ada sumber-sumber lain yang mestinya sesuai dengan isi materi di atas.
Akhir kata semoga semua ini dapat bermatfaat, khususnya anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang layak.

0 Response to "Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Halaman 42, 43, 44, 46, 49, 50 Kelas 5 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel