Bacaan, Soal, Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD/MI Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 97, 98, 99, 100, 101, 102

 

Olustrasi cerita

Gambar di atas adalah cuplikan dari buku cerita bergambar berjudul “Todi dan Semut”. Inti cerita “Todi dan Semut” mengisahkan Todi yang gemar makan cokelat dan kue-kue manis, tetapi malas membersihkan sisa-sisa makanan. Suatu ketika Todi segera tertidur setelah makan kue manis dengan mulut dan tangan kotor terkena sisa-sisa makanan. Saat Todi tertidur, pasukan semut merubungi Todi. Mereka juga menggigit tangan dan muka Todi hingga bentolbentol. Todi terbangun dan menangis karena merasa gatal-gatal. Sejak saat itu Todi selalu membersihkan diri seusai makan.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban-jawaban pertanyaan berikut bersama teman sekelompokmu.

  1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?
  2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu?

Jawaban halaman 98 :

  1. Gambar tersebut mendukung cerita.
  2. Alasan gambar tersebut mendukung cerita karena gambar tersebut menceritakan kejadian todi makan coklat langsung tidur, sehingga tangan dan muka todi dikerumuni semut, kemusian Todi bangun dan menangis karena tangan dan mukanya terasa gatal-gatal, semenjak kejadian tersebut todi selalu membersihkan diri seusai makan. sesuai ciri-ciri gambar cerita yaitu ada tokohnya "TodI", latar, alur, sudut pandang, karakteristik, ada amanat yang terkandung dalam cerita tersebut, ada ekspresi pisikal seperti gatal-gatal, takul atau kapok, marah, sedih.

Karya gambar cerita banyak kita temui pada buku cerita, terutama buku cerita bergambar dan komik. Perhatikan contoh gambar berikut.

Cerita bergambar
Ayo Menulis

Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban halaman 99 :

Ciri-Ciri karya gambar cerita :

  1. Mengandung bahasa narasi atau percakapan antar tokoh untuk menunjukkan keadaan.
  2. Memiliki atau mengandung instrinsik seperti tema, tokoh, alyr, sudut pandang, karakteristik, ada amanat yang terkandung percakapan antar tokoh.
  3. Adanya tifografi atau bentuk gaya dan huruf tertentu sebagai suasana keadaan kondisi seperti sedih, marah, gembira, takut.
  4. Terdapat alur gambar secara runut tersusun menceritakan sesuatu.
  5. Terdapat gambar yang berisikan tulisan mencerita secara zigzag (gambar Z)
Ayo Menulis

Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.

  1. Lingkunganku hijau udaraku bersih.
  2. Aku menjaga udaraku bersih.
  3. Aku merawat kesehatan pernapasan.
Contoh Jawaban halaman 99

Tema : Lingkunganku Hijau Udaraku Bersih

Aku adalah anak yang tinggal didaerah yang dikelilingi langsung oleh gunung dan dibelakang rumahku langsung terdapat gunung. Desaku sekarang ini lingkungannya begitu hijau, bukan hanya hijau karena pepohonan yang sudah lama tumbuh dipinggir jalan maupun digunung akan tetapi, sekarang ini digunungpun hijau karena jagung para petani yang begitu indah hijaunya, jika aku mendekat digunung  jagung ia begitu indah, aku sangat menikmati indahnya alam dan seketika mulut terucap dengan sendirinya memuji “begitu indahnya alam dan lingkunganku berkat engkau Ya Robb”, dan engkau telah memberikan hujan untuk para petani agar tanaman jagung mereka yang digunung subur dengan sempurna kadang mereka bersujud syukur atas karunia yang telah Allah berikan. Tak lupa ketika mendapat rezeki itu para petani berdo’a dengan acara syukuran kecil-kecilan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. 

Desaku begitu bersih udaranya karena pepohonan yang bisa menyejukkan hati, tanpa ada kotoran yang dibuang disembarang tempat, karena desaku begitu mencerminkan tentang kebersihan agar bisa terhindar dari bencana alam serta penyakit. 

Sikap itu selalu diterapkan oleh Desaku termasuk Aku karena Lurahnya begitu mencintai lingkungan dan alam sekitar. Aku sangat mencintai lingkunganku yang hijau dan udaranya yang bersih karena dia bisa menenangkan pikiran dan hati yang tidak bersahabat dengan Aku. Disela menikmati gunung dan pepohonan yang hijau aku bisa menikmati pantai yang indah dan bersih. Aku juga bisa melihat para nelayan yang pergi melaut, sebagiannya pula Aku juga melihat para nelayan lain yang sedang membantu untuk menarik perahu nelayan yang balik dari melaut mereka begitu bahagia terlihat dari juah seperti tidak ada lelah yang telah dirasakan. Dan aku bisa melihat solidaritas antara para nelayan dan entah mengapa hatiku merasakan kebahagiaan mereka juga walaupun dari jauh. Terimakasih kepada orang tua yang telah melahirkanku didaerah dan desa yang penuh dengan cinta, lingkungan yang hijau, udara yang bersih dan bisa menikmati alam secara langsung. Semoga cerita ini bisa membawa kalian mengunjungi tempatku.

Pembahasan :

Lingkungan adalah keadan sekitar yang mempengaruhi perkembangan makhluk hidup, lingkungan akan bagus dan bersih jika manusia yang menempati bisa menjaga kelestarian lingkungannya.  

Cara agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya:

  • Kesadaran manusia itu sendiri
  • Menjauhi yang namanya reboisasi hutan
  • Tetap menanam pepohonan untuk mencegah banjir dan tanah longsor.

Udara yang bersih adalah bagaimana cara manusia menjaga kebersihan lingkungannya. Dengan menjaga kebersihan adalah salah satu cara agar mendapatkan udara yang bersih pula.

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mencegah penyakit. Selain menjaga kebersihan, masih ada banyak cara mencegah penyakit. Pada Pembelajaran 1 kamu telah mengetahui bahwa salah satu cara mengatasi bahaya kabut asap adalah dengan memakai masker. Memakai masker perlu dilakukan karena kabut asap dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Memakai masker memang merupakan salah satu cara mengatasi bahaya kabut asap dan merawat organ pernapasan. Selain memakai masker, apa lagi yang dapat kita lakukan untuk merawat organ pernapasan? Bacalah bacaan berikut.

Cara Memelihara Organ Pernapasan

Kita berusaha selalu menjaga kesehatan organ pernapasan. Saat sakit kita perlu segera berobat. Namun, kita juga dapat mencegah penyakit pada sistem pernapasan dengan memelihara organ pernapasan. Berikut cara-cara memelihara organ pernapasan.

1. Menjaga kesehatan organ pernapasan
a. makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga baik,
b. berolahraga teratur supaya alat-alat pernapasan terlatih baik sehingga dapat bekerja dengan baik,
c. istirahat cukup, dan
d. posisi tidur benar (miring ke kanan dan jangan telungkup).

2. Menghindari zat-zat yang dapat merusak organ pernapasan

a. tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok karena banyak mengandung racun,
b. menggunakan masker saat berada di lingkungan kotor,
c. mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin karena jaringan paru-paru sensitif terhadap dingin,
d. menghindari makanan dan minuman mengandung banyak gula dan bahan kimia karena dapat merangsang lendir pada paru-paru sehingga kapasitas udara yang disimpan dalam paru-paru akan lebih sedikit.

3. Merawat organ pernapasan

a. membersihkan rongga hidung secara teratur (bulu halus dan rambut hidung berfungsi menyaring kotoran),
b. memeriksa kesehatan pernapasan secara teratur ke dokter.

4. Menjaga kesehatan lingkungan sekitar
a. membuat sebanyak mungkin ventilasi dalam rumah untuk menjaga sirkulasi udara,
b. menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak banyak debu beterbangan yang akan ikut masuk ke dalam organ pernapasan saat kita menghirup napas,
c. membuat udara bersih di lingkungan sekitar rumah dengan menanam banyak tumbuhan hijau, serta
d. mencegah ruangan lembap karena virus dan bakteri mudah berkembang di ruangan dengan kelembapan tinggi.

Sumber: damaruta.blogspot.com

Ayi Berkarya

Kamu telah memahami cara merawat organ pernapasan. Buatlah kelompok bersama 5-6 orang temanmu. Buatlah poster tentang cara merawat organ pernapasan. Pada Pembelajaran 5 nanti kamu dan kelompokmu akan mempresentasikan poster yang telah kalian buat.

Berikut beberapa contoh poster tentang kesehatan. Kalian dapat mencontoh desainnya untuk membuat poster tentang merawat organ pernapasan.
Poster kesehatan
Jawaban halaman 101 :
Poster di atas yaitu Merawat Organ Pernapasan
Tidak mau nafasmu menjadi sesak?
Marilah rawat organ pernapasan agar kita dapat bernafas dengan lega.
Kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk menjaga organ pernapasan kamu tetap sehat, apa saja?
  • Kamu perlu istirahat yang cukup
  • Olahraga yang teratur agar organ pernapasan juga dapat terlatih
  • Jaga pola makanmu dengan mengkonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga baik
  • Posisi tidur benar
Ayo Renungkan
Apa yang kamu ketahui cara memeliahar organ pernapasan?
Jawaban halaman 102
Yang saya ketahui cara memelihara organ pernapasan adalah tidak membiasakan meroko, sesalu menghirup udara bersih, berolahraga secara teratur, selalu memakai masker.
Kersa Sama dengan Orang Tua
Apa saja yang telah keluargamu lakukan untuk memelihara kesehatan organ pernapasan?
Jawaban halaman 102 :
Menjauhi dari asap rokok, selalu memelihara lingkungan supaya tetap bersih, memakai masker, tidak membuang sampah sembarang

0 Response to "Bacaan, Soal, Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD/MI Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 97, 98, 99, 100, 101, 102"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel