Kunci Jawaban Buku Siswa K-13 Kelas 5 SD/MI Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 103, 104, 105, 106, 107, 108

Selamat berjumpa semuanya, Bapak Ibu Guru di sekolah, Bapak Ibu sebagai orang tua sebagai Wali Peserta didik di rumah, selamat belajar ya anak-anak sekalian yang duduk di bangku kelas V baik yang ada di Sekolah Dasar maupun Yang ada di Madrasah Ibtidaiyah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kalian semua akan membahas Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Sebtema 3 yaitu Membahas tentang  Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia, Pembelajaran 3 tepatnya ada pada halaman 103, 104, 105, 106, 107, 108. Ayo kita mulai belajar dari sekarang, ikuti dan baca, simak, diskusikan, lalu kerjakan sesuai petunjuk.

Sampah-sampah menjali masalah yang umum dihadapi masyarakat di kota atau daerah mana pun. Berita berikut menyajikan upaya seorang pemimpin daerah untuk mengatasi sampah.

Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah 

Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah.

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Sumber: kotabogor.metropolitan.id

Ayo Menulis

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

Pertanyaan dan jawaban halaman 104

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?
Jawab : di Ke;urahan Babakanpasar
2. Apa masalah yang dihadapi?
Jawab : masalah sampah
3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?
Jawab : dengan Program Pungut Sampah (GPS)
4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?
Jawab : karena masalah sampah bukan tanggung jawab orang per orang, tetapi tanggung jawab semua warga masyarakat, kalau sampah tertata dengan baik, maka semua warga masyarakat akan terhindar dari penyakit.
5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?
Jawab : Lingkungan akan terlihat indah dipandang dan semua warga masyarakat akan hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

Ayo Berdiskusi

Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.
Pemulung sampah
Sampah yang menumpuk dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan organ pernapasan. Tahukah kamu ada orang yang kegiatan sehariharinya adalah mengumpulkan sampah yang dapat diolah kembali? Ya, betul. Kita biasa menyebutnya pemulung.
Para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi. Benda-benda itu disetorkan kepada orang-orang yang dapat mengolahnya menjadi benda-benda lain yang berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang.



Pemanfaatan kembali benda tak terpakai

Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam bentuk diskusi panel bersama seluruh siswa dalam kelasmu.
  1. Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung?
  2. Apa pendapatmu mengenai usaha pembuatan benda-benda daur ulang?
  3. Bagaimana cara menghargai jasa para pemulung?
  4. Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang?
Jawaban halaman 106
  1. Pendapat saya terhadap pekerjaan sebagai pemulung yaitu patut dihargai, karena tanpa ada pemulung mungkin sampah-sampah akan mengunung-gunung, dan pekerjaan sebagai pemulung lebih berharga dari pada menjadi pengemis atau sebagai peminta-minta menunggu belas kasihan dari orang lain.
  2. Pendapat saya mengenai usaha pembuatan benda-benda daur ulang adalah sangat setuju, karena usaha mendaur ulang dari benda-benda tidak terpakai menjadi benda-benda atau barang-barang yang dapat bernilai tinggi, ini sebagai penghasilan yang sangat besar.
  3. Cara menghargai jasa para pemulung yaitu dengan cara mengumpulkan sampah dari rumah kita kemudian simpan di simpan di gtong sampah, kita memberikan berupa uang iuran hasil kesspakatan musyawarah dengan masyarakat lingkungan sekitar.
  4. Cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang diantaranya adalah dengan cara membeli barang-barang yang dibuatnya atau yang diproduksinya. 

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran. 
Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Coba temukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama teman dan gurumu di kelas!
Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.
Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana berlangsungnya proses produksi pakaian? Proses menghasilkan pakaian membutuhkan waktu yang lama. Untuk membuat pakaian produsen pakaian membutuhkan bahan baku berupa kain dan benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit. Begitulah proses panjang produksi pakaian. Banyak pihak yang terlibat dalam proses produksi ini. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Begitu panjangnya proses produksi ini hendaknya kita perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Ayo Renungkan

Apa akibatnya jika kita tidak menghargai kegiatan orang lain dalam usaha ekonomi?

Jawaban halaman 108 :

Akibat kalau kita tidak menghargai kegiatan orang dalam usaha ekonomi, kita juga tidak akan dihargai oleh orang lain, dengan demikian marilah kita saling menghargai sesama usaha dalam bidang ekonomi. Menghargai usaha ekonomi orang lain akan memunculkan sikap saling menghargai dan menghormati, sehingga memduhakan kita dalam segala urusan terutama dalam pekerjaan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan dengan keluargamu, cara-cara menghargai jenis usaha pembuat bnda-benda daur ulang.

Kunci Jawaban halaman 108 ;

Mencintai produk dalam negeri terutama produksi hasil dari bahan daur ulang.
Memisahkan sampai yang dapat didaur ulang dan sampai yang tidak dapat didaur ulang.
Meminimalisir penggunaan sampah yang tidak dapat di daur ulang.

Kunci Jawaban pembelajaran kelas 5 SD/MI Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 2 dan Subtema 3 Pembelajaran 3 ini mohon dapat dijadikan acuana atau referensi bagi kepentingan peserta didik baik oleh guru di rumah maupun oleh Bapak Ibu sebagai orang tua wali dari siswa selama membimbing belajarnya di rumah. Selamat belajar ya Nak, semoga kalian pintar-pintar semua, dengan tekan rajin dan giat dalam belajar maka cita-cita yang kamu dambakan akan tercapai. Semoga saja

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa K-13 Kelas 5 SD/MI Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 103, 104, 105, 106, 107, 108"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel