Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 SD MI Semester 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71

 Di sisni akan di dibahas terkait dengan Pembelajaran 3 halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71 pada Buku Siswa Tematik Terpadu untuk SD/MI Revisi 2017 dengan Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan, sedangkan Subtema 2 yaitu Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan. Mari ikuti sampai akhir tulisan berikut ini.

Kerja bakti

Pada hari Minggu, warga di daerah tempat tinggal Edo mengadakan kerja bakti. Mereka membersihkan sampah-sampah yang menumpuk. Selama ini bau busuk dari tumpukan sampah telah mencemari udara di lingkungan tempat tinggal itu. Warga harus menutup hidung saat melewati tumpukan sampah yang membusuk itu.

Sebelum melakukan kerja bakti, seminggu sebelumnya warga bermusyawarah untuk mencari pemecahan dari masalah sampah. Selain menggunung dan berbau busuk, kadang-kadang tempat sampah itu terlihat berantakan karena ada beberapa orang yang berusaha mencari botol-botol bekas untuk didaur ulang. Akibatnya, pemandangan dan udara di lingkungan sekitar tempat sampah jadi kotor dan bau.

Setelah bermusyawarah, warga mendapat sebuah penyelesaian. Warga akan menyiapkan dua macam tempat sampah. Satu tempat sampah untuk menampung sampah-sampah yang dapat didaur ulang seperti kertas dan botol-botol bekas. Tempat sampah lainnya digunakan untuk menampung sampah-sampah yang dapat membusuk, misalnya dedaunan dan sisa-sisa sayur. Selanjutnya sampah-sampah yang dapat membusuk itu akan diolah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan warga untuk memupuk tanaman.

Dalam kegiatan musyawarah dan kerja bakti itu seluruh warga ikut berperan serta. Keikutsertaan warga dalam musyawarah dan kerja bakti merupakan salah satu bentuk tanggung jawab warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Subtema 2: Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan 63

Ayo Menulis

Soal halaman 64

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan "Kerja Bakti"

  1. Kapan kerja bakti dilakukan?
  2. Di mana kerja bakti dilakukan?
  3. Mengapa kerja bakti dilakukan?
  4. Siapa yang mengikuti kerja bakti?
  5. Apa yang dilakukan warga seminggu sebelum melakukan kerja bakti?
  6. Bagaimana hasil musyawarah terkait penyelesaian dari masalah yang dihadapi warga?
  7. Mengapa warga menyediakan dua macam tempat sampah?
Jawaban :

  1. Kerja bakti dilakukan pada hari Minggu
  2. Kerja bakti dilakukan di daerah tempat tinggal Eko
  3. Kerja bakti dilakukan karena banyak sampah yang menumpuk, dan bau busuk dari tumpukan sampah mencemari lingkungan tempat tinggal.
  4. Yang mengikuti kerja bakti yaitu warga ditempat tinggal Eko.
  5. Yang dilakukan warga seminggu sebelum melakukan kerja baktu adalan bermusyawarah.
  6. Hasil dari musyawarah terkait dari penyelesaian maslah yang dihapadi warga adalah seluruh warga ikut peran serta, seluruh warga alhirnya ikut tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan.
  7. Warga menyediakan dia macam tong sampah tujuannya adalah untuk satu tempat sampah untuk menampung sampah-sampah yang dapat didaur ulang seperti kertas dan botol-botol bekas. Tempat sampah lainnya digunakan untuk menampung sampah-sampah yang dapat membusuk.
Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Musyawarahkan cara menjaga kebersihan di lingkungan kelasmu dengan seluruh anggota kelas. Musyawarahkan hal-hal berikut.

  1. Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam menjaga kebersihan kelas.
  2. Peralatan kebersihan yang diperlukan.
  3. Pengadaan peralatan kebersihan yang diperlukan.
  4. Cara mengaktifkan regu piket.

Tuliskan hasil musyawarah sebagai kesepakatan siswa dalam satu kelas.

Selanjutnya, jalankan kesepakatan itu bersama-sama.

Kunci Jawaban halaman 65:

1. Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam menjaga kebersihan kelas.

Jawab:

  • Membuat Jadwal Piket Kelas
  • Melakukan kegiatan sabtu bersih
  • Bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas piket yang telah dibagi
  • Membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan
  • Saling mengingatkan jika ada teman yang tidak sengaja buang sampah sembarangan

2. Peralatan kebersihan yang diperlukan.

Jawab:

  • Sapu lantai
  • Sapu ijuk panjang ( pembersih langit – langit )
  • Kain pembersih kaca
  • Kemoceng
  • Alat pengepel lantai
  • Tempat sampah
  • Pembersih papan tulis

3. Pengadaan peralatan kebersihan yang diperlukan.

Jawab:

  • Pengajuan pengadaan barang ke sekolah dan melalui iuran kas kelas. Dana tersebut diperuntukan untuk pembelian alatalat kebersihan kelas.

4. Cara mengaktifkan regu piket.

Jawab:

  • Memberikan penghargaan setiap akhir semester bagi regu piket tergiat
  • Memberikan sanksi kepada anggota piket yang melanggar jadwal piket
  • Setiap ketua kelompok piket membagi tugas yang jelas kepada anggota regu piket

Halaman 66

Pada Subtema 1 kamu telah mengetahui makna tanggung jawab dan jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Selain tanggung jawab, kita juga mempunyai hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat. Hak, kewajiban, dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang berbeda, tetapi saling berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan. Bagaimana tidak? Hak dan kewajiban bersifat kodrati yakni melekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimanakah perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab? Pahamilah uraian berikut ini.

1. Hak sebagai Warga Masyarakat

Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang  bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

a. Mendapatkan perlindungan hukum.

b. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

c. Menikmati lingkungan bersih.

d. Hidup tenang dan damai.

e. Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.

f. Berpendapat dan berorganisasi.

g. Mengembangkan kebudayaan daerah.

2. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat

Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

a. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

b. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.

c. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.

d. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.

e. Membantu tetangga yang terkena musibah.

f. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan hak, kewajiban, dan tanggung jawab kalian sebagai:

  1. anggota keluarga,
  2. warga kelas,
  3. warga sekolah, dan
  4. warga desa.

Tuliskan hasil diskusi dalam buku tulismu. Setiap periode waktu tertentu (misalnya dua minggu sekali atau sebulan sekali), lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri mengenai pelaksanaan hak, kewajiban, dan tanggung jawabmu.

Jawaban : Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab Kalian sebagai Anggota Keluarga, Warga Kelas, Sekolah Serta Desa, Kelas 5 SD halaman 67

Jawaban:

1.  Anggota keluarga

Hak sebagai anggota keluarga: Mendapatkan kasih sayang, diberi nafkah, mendapatkan perhatian dan mendapatkan pendidikan yang layak.

Kewajiban anggota keluarga: Menghormati orang tua, membantu orang tua dan menjaga kebersihan serta menuruti nasehat orang tua selama tidak menyimpang.

Tanggung jawab: Sebagai anggota keluarga, anak mempunyai tanggung jawab untuk berbakti, menjaga keharmonisan serta kewajiban dalam keluarga.

2. Warga kelas

Hak sebagai warga kelas: Mendapatkan bimbingan dari guru, belajar dengan tenang, mengikuti proses pembelajaran dengan baik serta mendapat perlakuan yang adil dari guru.

Kewajiban sebagai warga kelas: Mematuhi tata tertib kelas, menjaga keamanan dan kebersihan kelas, mendengkarkan guru saat pelajaran berlangsung, mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru.

Tanggung jawab sebagai warga kelas: Memiliki tanggung jawab atas ketertiban di lingkungan kelas sehingga dalam proses belajar dapat berjalan dengan baik.

3. Warga sekolah

Hak sebagai warga sekolah: Mendapatkan pendidikan dan pengajaran, menggunakan fasilitas yang ada di sekolah serta perlindungan dalam pengembangan sesuai potensi yang dimiliki.

Kewajiban sebagai warga sekolah: Mematuhi tata tertib, menghormati guru, menjaga dan memlihara fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.

Tanggung jawab sebagai warga sekolah: Tanggung jawab keberlangsungan dalam proses belajar mengajar dengan baik.

4. Warga desa

Hak sebagai warga desa: Memperoleh pelayanan yang sama serta pelayanan yang adil, menyampaikan aspirasi, saran serta pendapat lisan maupun tertulis, hak memilih, dipilih, mendapatkan pengayoman serta perlindungan.

Kewajiban sebagai warga desa: Mematuhi segala peraturan yang berlaku di dalam lingkungan masyarakat serta berpartispasi dalam kegiatan di lingkungan desa.

Tanggung jawab sebagai warga desa: Setiap warga desa bertanggung jawab atas berlangsungnya pemerintahan desa.

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri ataupun Kelompok

Amatilah kegiatan ekonomi di lingkungan sekitarmu! Bagaimana pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut? Jika dicermati, kegiatan ekonomi tersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula yang dikelola secara berkelompok.

Mari simak pembahasan lebih mendalam.

1. Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

Tahukah kamu, apa sajakah jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri? Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana.

Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut.

a. Usaha Pertanian

Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

b. Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contohnya, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

c. Usaha Jasa

Perhatikan usaha jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan. Contohnya, usaha, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

Usaha potong rambut

d. Industri Kecil

Industri kecil yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contohnya, usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, suvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

2. Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Usaha ekonomi ini dikelola secara bersama, baik modal, pengelolaan, maupun keuntungan. Bentuk usaha ekonomi bersama adalah sebagai berikut.

a. Firma

Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu. Pendiri firma biasanya orang-orang yang saling kenal satu dengan yang lain. Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma. Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko kerugian firma. Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

b. Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal. Pada CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV. Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Ini dimungkinkan jika firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.

c. Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham. Saham diartikan sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan atas penyetoran modal. Setiap saham memiliki nilai nominal tertentu. Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen. Bagi perseroan yang ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.

d. Badan Usaha Milik Negara

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan Perseroan Terbatas (PT). BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital.

Di Indonesia juga terdapat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah. BUMD merupakan perusahaan yang modalnya dimiliki pemerintah daerah. Apa sajakah tujuan pendirian BUMD? Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.

1) Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional.

2) Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

e. Koperasi

Koperasi

Di Indonesia berkembang usaha bersama yang bertujuan menyejahterakan anggotanya. Usaha yang dimaksud adalah koperasi. Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi pertama kali dikembangkan oleh Drs. Mohammad Hatta. Atas perannya tersebut beliau dijuluki Bapak Koperasi Indonesia.

Ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia? Bentukbentuk koperasi di Indonesia sebagai berikut.

1) Koperasi konsumsi, yaitu usaha bersama yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan seharihari. Contohnya beras, gula, minyak, sabun, peralatan rumah tangga, dan barang elektronik. Tujuannya memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari bagi anggota dengan harga dan mutu layak.

2) Koperasi simpan pinjam, yaitu usaha bersama yang menyediakan layanan simpan dan pinjam. Koperasi jenis ini menerima simpanan dari anggota. Selanjutnya, uang yang telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota.

3) Koperasi produksi, yaitu usaha bersama yang menyediakan bahan baku produksi dan menyalurkan hasil produksi anggotanya. Koperasi ini beranggotakan para produsen atau pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, serta sapi perah.

4) Koperasi jasa, yaitu usaha bersama yang menyediakan layanan atau jasa tertentu bagi anggotanya. Contohnya, koperasi angkutan.

5) Koperasi serbausaha, yaitu usaha bersama mengelola berbagai jenis usaha, misalnya penyediaan barang konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, Koperasi Unit Desa (KUD).

Ayo Renungkan

Apakah kamu pernah ikut kerja bakti membersihkan lingkungan?

Sikap-sikap apa yang ada pada kegiatan kerja bakti?

Jawaban :

Pernah

Sikap-sikap yang ada pada kegiatan kerja bakti diantaranya yaitu kerja sama, gotong royong, rasa kekeluargaam, saling membantu, toleransi, bersosial, bermasyarakat

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tulislah hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang dimiliki masing-masing anggota keluargamu.


Jawaban 

Hak, Kewajiban, Tanggung Jawab dari Ayah, Ibu, Kakak dan Adik, Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD MI Halaman 71.

Jawab:

1. Anggota Keluarga: Ayah

Hak Ayah dalam keluarga adalah:

  • Mendapat penghormatan dari keluarga.
  • Mendapat rasa sayang dari keluarga.
  • Dipenuhinya seluruh perintah dan anjurannya.

Kewajiban Ayah dalam keluarga adalah:

  • Menjadi sosok selayaknya matahari yang bersifat tegas dalam membina keluarganya dan sanggup mengeringkan seluruh air mata keluarganya.
  • Memberikan nafkah lahiriyah dan batiniyah kepada keluarganya.
  • Menjadi suri tauladan bagi keluarganya.

Tanggung jawab Ayah dalam keluarga adalah:

  • Menyediakan keperluan sandang, pangan, dan papan bagi keluarganya.
  • Menjamin kesehatan keluarganya.
  • Membantu ibu dalam hal memasak, mencuci, mengurus anak-anak, dsb.

2. Anggota Keluarga: Ibu

Hak Ibu dalam keluarga adalah:

  • Mendapat penghormatan dan kasih sayang dari anggota keluarga.
  • Mendapat rasa aman dari suami.
  • Mendapat kebebasan dalam memiliki keturunan.

Kewajiban Ibu dalam keluarga adalah:

  • Menjadi sosok selayaknya bulan yang bersifat menyejukan dan menenangkan keadaan di dalam rumah.
  • Mematuhi seluruh perintah dan anjuran dari suami.
  • Menjadi suri tauladan bagi anak-anaknya.

Tanggung jawab Ibu dalam keluarga adalah:

  • Melahirkan keturunan bagi keluarga.
  • Memberikan ASI dengan cukup kepada anak-anaknya.
  • Mengelola hasil nafkah lahiriyah yang diberikan oleh suami baik dengan cara mencuci, memasak, menyetrika, dsb.

3. Anggota Keluarga: Kakak

Hak Kakak dalam keluarga adalah:

  • Mendapat persamaan kasih sayang dari keluarga.
  • Mendapat pendidikan secara cukup.
  • Memiliki kebebasan dalam bermain, belajar, dan beristirahat.

Kewajiban Kakak dalam keluarga adalah:

  • Menghormati kedua orangtuanya.
  • Memberikan contoh yang baik bagi adiknya.
  • Mematuhi segala perintah dan anjuran kedua orangtuanya.

Tanggung jawab Kakak dalam keluarga adalah:

  • Mengalokasikan uang saku yang diberikan oleh orangtua secara bijak.
  • Menjaga nama baik keluarga.
  • Meringankan beban pekerjaan rumah kedua orangtua.

4. Anggota Keluarga: Adik

Hak Adik dalam keluarga adalah:

  • Mendapatkan figur yang baik dari keluarga agar dapat dicontoh.
  • Mendapatkan kasih sayang dari keluarga.
  • Tercukupi kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Kewajiban Adik dalam keluarga adalah:

  • Menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya.
  • Menyenangkan hati kedua orangtua.
  • Menjalankan peraturan keluarga dengan baik.

Tanggung jawab Adik dalam keluarga adalah:

  • Tidak mengotori rumah/memberantakan barang,dsb agar tidak menambah beban pekerjaan rumah orangtua.
  • Belajar dengan giat dan baik.
  • Tidak mengecewakan dan membuat khawatir perasaan orangtua.
Pesan untuk anak-anak siswa kelas V jangan kendor teruslah belajar dengan rajin, giat, dan teku. Untuk Bapak Ibu sajian soal-soal dan kunci jawaban Buku Siswa Kelas 5 SD MI Semester 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68,  69, 70, 71, hanyalah sebuah acuan untuk dapat dijadikan bahan dalam membimbing putra-puteri belajar di rumah.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 SD MI Semester 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel