Program Sekolah Penggerak Tahun 2021, Surat Rekrutmen Calon Kepala Sekolah, Program Sekolah Penggerak Angkatan 2
Kami sampaikan info Terbaru : Rekrutmen Calon Kepala Sekolah, Program Sekolah Penggerak Angkatan 2
Inilah Surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Silahkan unduh File >>> di sini
https://filerppkurikulum2013.blogspot.com-Semalat berjumpa kembali dengan paradigma pendidikan. Pada kali ini akanmembahas tentang "Program Sekolah Penggerak 2021".
Program Sekolah Penggerak 2021 |
Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.
Pelajar Pancasila
- Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Mandiri
- Bernalar kritis
- Berkebinekaan global
- Bergotong royong
- Kreatif
VISI PENDIDIKAN INDONESIA
Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiei, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.
Saat ini terdapat lima kelompok tantangan dunia pendidikan yang perlu dihadapi
1. Kategori Ekosistem
Situasi Sekarang
- Sekolah sebagai tugas
- Pimpinan sebagai pengatur
- Manajemen sekolah terlalu administratif
- Masih ada PAUD yg belum melibatkan orang tua
Arahan di masa depan
- Sekolah sebagai kegiatan yang menyenangkan
- Pimpinan memberikan pelayanan
- Manajemen sekolah yang kolaboratif dan kompeten
- Keselarasan pendidikan di rumah dan keluarga
Masa sekarang
- Guru sebagai pelaksana kurikulum
- Guru sebagai sumber pengetahuan satu-satunya
- Pelatihan guru berdasarkan teori
- PAUD: Metode drilling & teacher-centered
Arahan dimasa masa depan
- Guru sebagai pemilik dan pembuat kurikulum
- Guru sebagai fasilitator dari berbagai sumber pengetahuan
- Pelatihan guru berdasarkan praktik
- PAUD: Kompetensi meliputi pedagogik dan sosio emosional
3. Pedagogik
Masa Sekarang
- Siswa sebagai penerima pengetahuan
- Fokus kepada kegiatan tatap muka
- Pendekatan: Bermain vs Calistung
- Pengajaran berdasarkan pembagian umur
- Pembelajaran berorientasi pada siswa
- Pembelajaran memanfaatkan teknologi
- Pendekatan: Bermain adalah belajar, bermakna & sesuai konteks
- Pengajaran berdasarkan level kemampuan siswa
4. Kurikulum
Masa Sekarang
- Perkembangan linear
- Kurikulum berdasarkan konten
- Fokus kepada kegiatan akademik
- Patahan antara kurikulum PAUD dan SD
Arahan di masa depan
- Perkembangan fleksibel
- Kurikulum berdasarkan kompetensi
- Fokus kepada soft skill dan pengembangan karakter
- Transisi yang mulus dari PAUD ke SD
5. Sitem Penilaian
Masa Sekarang
- Penilaian bersifat sumatif/ menghukum
Arahan di masa depan
- Penilaian bersifat formatif/ mendukung
5 kelompok tantangan pendidikan yang perlu dihadapi |
4 tahapan proses transformasi sekolah Indonesia |
- Program Sekolah Penggerak yaitu Kolaborasi Kemdikbud dan Pemerintah Daerah diikuti oleh PAUD, SD, SMP, SMA, SLB baik negeri maupun swasta.
- Kondisi awal sekolah yaitu Tahap 1 atau Tahap 2 atau Tahap 3 atau Tahap 4.
- Durasi Program yaitu 3 tahun ajaran.
- Pendampingan konsultatif dan asimetris, Program kemitraan antara Kemendikbud dan pemerintah daerah dimana Kemendikbud memberikan pendampingan implementasi Sekolah Penggerak.
- Penguatan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif (coaching) one to one dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud.
- Pembelajaran kompetensi holistik, Pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai− nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas.
- Perencanaan berbasis data, Manajemen berbasis sekolah: perencanaan berdasarkan refleksi diri satuan pendidikan
- Digitalisasi Sekolah, Penggunaan berbagai platform digital bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang customized
5 intervensi terkait denagn sekolah penggerak |
- Kemdikbud melalui UPT di masing masing provinsi akan memberikan pendampingan bagi pemda provinsi dan kab/kota dalam perencanaan Program Sekolah Penggerak.
- UPT Kemdikbud di masing masing provinsi akan memberikan pendampingan Pemda selama implementasi Sekolah Penggerak seperti fasilitasi Pemda dalam sosialisasi terhadap pihak pihak yang dibutuhkan hingga mencarikan solusi terhadap kendala lapangan pada waktu implementasi.
- Pelatihan implementasi pembelajaran kompetensi holistik bagi kepala sekolah, pengawas, penilik, dan guru
- Pelatihan kepemimpinan pembelajaran bagi kepala sekolah, pengawas, penilik
- ln-house training
- Lokakarya tingkat Kabupaten/Kota
- Komunitas Belajar / Praktisi (Kelompok Mapel)
- Program Coaching
- Literasi Teknologi
- Platform Guru : Profil dan Pengembangan Kompetensi
- Platform Guru : Pembelajaran
- Platform Sumber Daya Sekolah
- Platform Rapor Pendidikan
- Pembelajaran terdiferensiasi
- Capaian pembelajaran disederhanakan
- Siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi
- Guru leluasa memilih perangkat ajar sesuai kebutuhan.
- Lintas mata pelajaran
- Berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum
- Pembelajaran interdisipliner di luar kegiatan kelas
- Melibatkan masyarakat
- Muatan lokal dikembangkan sesuai dengan isu nasional dan global
Program Pelajar Pancasila |
Perencanaan berbasis data |
Digitalisasi Sekolah |
Yang berperan dalam Program Sekolah Penggerak |
- Meningkatkan kompetensi SDM Satuan Pendidikan
- Membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan
- Efek multiplier dari Sekolah Penggerak ke Sekolah lainnya
- Mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah
- Peluang mendapatkan penghargaan sebagai Daerah Penggerak Pendidikan
- Menjadi daerah rujukan praktek baik dalam pengembangan sekolah penggerak
Manfaat Sekolah Penggerak untuk Pemerintah Daerah |
- Meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun ajaran
- Meningkatnya Kompetensi kepala Sekolah, Guru
- Percepatan Digitalisasi sekolah
- Kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain
- Percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila
- Mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi satuan pendidikan
- Memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran kompetensi holistik
Manfaat untuk Satuan Pendidikan |
0 Response to "Program Sekolah Penggerak Tahun 2021, Surat Rekrutmen Calon Kepala Sekolah, Program Sekolah Penggerak Angkatan 2"
Post a Comment