Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa K-13 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11

Sebelumnya kamu telah mempelajari Buku Kelas 5 SD/MI Tema 1( Buku Tema 1 Guru - Buku Tema 1 Siswa ) dan Tema 2 ( Buku Guru Tema 2 Kelas 5 SD/MI dan Buku Siswa Tema 2 SD/MI), untuk pertemua  sekarang kita lanjutkan ke pembahasan yaitu Membaca, Mengerjakan Soal-Soal yang ada di Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V SD/MI Tema 3, yang di sertai dengan Kunci Jawaban yang mungking akan membantu Bapak Ibu baik orang tua wali peserta didik, maupun bagi guru-guru sebagai bahan acuan atau referensi demi kemajuan pembelajaran peserta didik khususnya.

Sekarang website : File RPP Kurikulum 2013 akan membahas Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V SD/MI Semester 1, yaitu :

Tema 3 Makanan Sehat, 

Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan 

Pembelajaran 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11

Soal dan Jawaban Buku Siswa SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1

Apabila diantara kalian ada yang memerlukan Buku pegangan Siswa Kurikulum 2013 Kelas V SD/MI Tema 3 silahkan download pada link di bawah ini.

Silahkan Download Modul/Buku Siswa Kelas V SD/MI Tema 3 Kurikulum 2013 khusus untuk kota Tasikmalaya (Makanan Sehat)

Silahkan miliki secara gratis

Buku Guru dan Buku Siswa K-13 Tema 3 Kelas V SD/MI

Download Buku Siswa Kelas V SD/MI Tema 3 Kurikulum2013, Makanan Sehat

Download Buku Guru Kelas V SD/MI Tema 3 Kurikulum 2013, Makanan Sehat

Ayo kita mulai belajar

Pembelaran 1

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini !

Apakah kamu selalu makan makanan yang sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?

Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat !
Jawaban halaman 2:
Menurut saya contoh-contoh makanan yang sehat yaitu : 
  • Makanan yang karbohidrat biasanya makanan pokok termasuk nasi, jagung, simgkong, keju.
  • Lauk pauk seperti yang banyak mengandun protein dan lemak yaitu diantaranya daging, ikan, telur, tahu, tempe.
  • Makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yakni sayur mayur seperti bayam, kangkung, wortel, termasuk buah-buahan contohnya jeruk, apel, mangga, pepaya, anggur, pisang.
Pertanyaan :
Apakah kriteria dari makanan yang sehat ?
Jawaban halaman 2:
Kriteria dari makanan sehat yaitu :
Tinggi serat, tidak banyak mengandung garam atau natrium, mengandung antioksidan yang tinggi strowberry, anggur dll, tidak banyak mengandung minyak, makanan yang seimbang dan beragam terlihat bersih bebas dari hinggapan lalat, semut, makana hasil olahan atau dipasak terlebih dahulu sehingga higienis, makanan tidak banyak proses pengolahan karena akan banyak mengandung zat yang menimbulkan bahaya terhadap kesehatan, makanan yang sehat kriterinanya tidak banyak mengandung zat-zat kimia.

Makanan sehat baik untuk tubuh kita. Tubuh manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Untuk lebih jelasnya, bacalah dialog di bawah ini dengan saksama!

Dayu : “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”

Edo : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”

Dayu : “Ibuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”

Siti : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”

Dayu : “Betul juga ya. Apa sebenarnya manfaat sistem pencernaan itu, Siti?”

Siti : “Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.”

Edo : “Aku pernah melihat iklan tentang bubur ayam dengan beras organik.

Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang mengajak orang untuk memakan bubur organik itu.”

Dayu : ”Wah, kedengarannya menarik, ya, Edo. Kapan-kapan kita makan bubur ayam di tempat itu, yuk. Pastinya lebih sehat karena berasnya organik.

Ayo Mengamati

Makanan sehat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, banyak iklan yang dapat kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat. Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.

Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan. Amatilah iklan di atas dengan saksama. Tuliskanlah apa yang kamu lihat dalam iklan media cetak tersebut!
Jawaban hlaman 4 :
Ayo Menemukan
1. Gambar 1 ada strowbery, ada jeruk
2. Gambar 2 di keranjang ada nanas, pisang, anggur, jeruk, di luar keranjang sebelah kiri ada tomat, anggur, apel, kubis, wortel
3. Gambar 3 yang kulihat ada kubis, apel, anggur, pisang, tomat, buncis, jeruk, cabe

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan tulisan iklan yang kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal berikut.
  • Kata-kata kunci dari iklan tersebut.
  • Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.
  • Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.
Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.
Jawaban halaman 4 :
Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan untuk mencocokkan iklan Anda dengan istilah yang ditelusuri orang-orang.
Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah ada dalam judul, sering muncul dalam tulisan, diungkapkan dalam bentuk gambar atau ilustrasi, difokuskan untuk promosi dalam suatu iklan, sifatnya menyeluruh atau mewakili sebuah iklan. atau (1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, (2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan, (3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.
Kata kunci yang aku temukan dalam iklan makanan sehat dan bergizi, solusi hidup sehat dan awet muda. Kata Kuncinya : Makanan sehat dan bergizi
Alasanku memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan adalah adanya kesesuaian tema, misalnya sebuah iklan bergaya santai maka yang dipakai atau kata-kata yang digunkan bersifat santai.
Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi kelompokmu tentang kata kunci!
Kata kunci adalah kata atau gagasan, kosep, penting, frasa yang digunakan untuk menemukan atau mencocokkan sesuatu biasanya ada pada iklan Anda dengan istilah yang ditelusuri orang-orang.

Selanjutnya, pilihlah pasangan temanmu yang lain dan bandingkan hasil diskusi kamu dengan pasanganmu tersebut.

Ayo Mengamati

Dengan menemukan kata kunci pada iklan-iklan makanan sehat, kita jadi tahu bahwa masyarakat kita sudah banyak yang peduli tentang pentingnya makanan sehat.
Penyempurna makanan sehat adalah susu. Seperti kita ketahui, susu umumnya dihasilkan oleh sapi. Apa yang dimakan oleh sapi hingga dapat menghasilkan susu?

Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang organ pencernaan hewan dalam bentuk pertanyaan.
Inilah contoh jawaban halaman 6 :
Jawaban ini sifatnya terbuka:
  1. Apakah makanan hewan dan manusia semuanya sama?
  2. Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan seperti sapi?
  3. Apa saja alat pencernaan yang terdapat dalam mulut hewan?
  4. Apakah letak lambung hewan dan manusia sama?
  5. Apakah lambung hewan dan manusia memiliki bentuk dan besar yang sama?
  6. Berapa jumlah organ pencernaan sapi?
  7. Bagaimana proses pengeluaran sisa kotoran pada hewan?
  8. Apakah panjang usus pada hewan sam dengan manusia?
  9. Adakah keistimewaan pada masing-masing organ pencernaan hewan dan manusia?
  10. Apa yang membedakan proses pencernaan sapi dengan manusia?

Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia?
Simak penjelasan berikut ini.
Hewan ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak.
Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang.
Sistem pencernaan hewan ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan hewan lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung dengan fungsi yang spesifik. Selain itu, pencernaan makanan pada hewan ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob tersebut dapat membantu mencerna rumput
Coba kamu perhatikan penjelasan mengenai proses pencernaan pada hewan ini dengan saksama.

Mekanisme pencernaan makanan pada hewan ruminansia
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu contoh hewan ruminansia ialah sapi. Mari kita baca informasi mengenai organ pencernaan pada sapi.
Makanan seperti rumput, pertama kali masuk ke dalam mulut sapi. Di dalam mulut terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.
Gigi : gigi sapi tersusun dari gigi seri yang berguna untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
Lidah : lidah sapi berguna untuk merenggut rumput (makanan) dan mendorong makanan yang sudah dikunyah menuju lambung.
Saliva: merupakan cairan atau enzim khusus yang dihasilkan oleh kelenjar khusus pada sapi yang kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut.
Saliva berperan dalam proses pencernaan kimiawi.

Lambung sapi berbeda dengan lambung manusia, ukurannya jauh lebih besar.
Lambung sapi merupakan organ pencernaan yang sangat penting bagi sapi.
Lambung sapi terdiri atas empat bagian, yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Oleh karena itu, sapi dikatakan memiliki empat perut.
Berikut bagian-bagian dari lambung sapi
Rumen (perut besar) : Tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).
Retikulum (perut jala) : Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).
Omasum (perut kitab) : Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan
masuk ke abomasum.
Abomasum (perut masam) : Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.

Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.

Ayo Berdiskusi

Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas!
Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakatakosakata tersebut.

Kosa kata baru yang aku temukan : 

Jawaban halaman 8 :
Kosa kata baru yang aku teman adalah Rumen (perut besar), mikroba (bakteri), retikulum (perut jala), fermentasi, anaerob, protozoa, absorpsi, omasum (perut kitab), enzim, abomasum, Abomasum (perut masam), enzim, abomasum.







Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

Jawaban halaman 9

1) Rumput dikunyah di mulut
2) Esofagus
3) Rumen (perut besar)
Proses yang terjadi: Makanan dicerna dengan bantuan mikroba atau bakteri hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen.
4) Mulut
Proses yang terjadi: Mengunyah makanan yang kedua kalinya.
5) Retikulum
Proses yang terjadi: Makanan mengalami proses fermentasi dengan bantuan bateri anaerob dan protozoa. Llau terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan.
6) Omasum
Proses yang terjadi: Makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernan.
7) Abomasum
Proses yang terjadi: Makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.

Setelah melengkapi diagram di depan, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang. Gambarlah hewan sapi seperti di bawah ini pada kertas gambar ukuran A3. Buatlah gambar sebaik mungkin kemudian lengkapi gambar tersebut dengan hal-hal berikut.
  • Memberi nama setiap bagian organ pencernaan pada hewan sapi.
  • Memberi tanda panah (gunakan warna merah) untuk menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi.
  • Warnai gambarmu sebaik dan semenarik mungkin.
  • Jangan lupa untuk menuliskan nama anggota kelompokmu pada bagian kiri bawah kertas gambar.

Hargailah hasil karyamu dan berbanggalah bahwa kamu telah berhasil bekerja sama dan menghasilkan karya yang indah dan bermanfaat.
Dengan bimbingan guru kelas, presentasikanlah hasil karya kelompokmu di depan kelas.

Jelaskan secara rinci nama-nama organ pencernaan sapi dan jelaskan juga arah tanda panah yang kamu buat pada gambar sapi tersebut. 

Perhatikan hal-hal di bawah ini sebagai panduan dalam presentasimu!
  1. Jelaskan dengan suara yang jelas.
  2. Sebutkan dan tunjukkan organ-organ pencernaan sapi dengan tepat dan lengkap.
  3. Jelaskan dan tunjukkan arah anak panah yang menggambarkan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi dengan tepat dan jelas.
Berikan kesempatan bagi kelompok lain untuk bertanya dan memberikan komentar yang positif tentang hasil karya kelompokmu.

Inilah Jawaban halaman 10, 11 :

Nama-nama bagian organ pencernaan sapi:
  1. Mulut
  2. Esofagus
  3. Rumen
  4. Retikulum
  5. Omasum
  6. Abomasum
  7. Usus halus
  8. Anus
Proses perjalanan makanan:
  1. Makanan masuk ke mulut
  2. Esofagus
  3. Rumen, makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan bantuan mikroba atau bakteri.
  4. Makanan dikembalikan ke mulut saat kondisi sapi sedang istirahat (dikunyah kedua kali atau memamah biak)
  5. Retikulum, makanan mengalami fermentasi bakteri anaerob dan proses absorpsi atau penyaringan benda-benda asing.
  6. Omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan.
  7. Abomasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin.
  8. Usus halus, makanan dalam usus halus mengalami proses absorpsi dan fermentasi.
  9. Anus, sisa makanan dibuang atau dikeluargan menjadi feses.

Ayo Renungkan
Menurutmu, mengapa kita perlu belajar tentang organ pencernaan hewan?
Apakah akan berguna bagimu? Jelaskan!
Kegiatan apa yang paling menarik kamu lakukan hari ini di sekolah? Apa yang membuatnya menarik?

Jawaban halaman 11
Jawaban :
Kita sangat perlu mempelajari organ pencernaan pada hewan selain untuk menambahkan pengetahuan juga sebagai bahan renungan bahwa Allah Swt menciptakan semua makhluk sedetail mungkin.

Jawaban :
Dalam mempelajari organ pencernaan hewan itu sangat berguna karena saya dapat membandingkan antara organ pencernaan pada hewan dan manusia.

Jawaban :
Kegiatan yang paling menarik yang saya lakukan hari ini di sekolah adalah menirukan suara sapi di kelas bersama teman-teman.
Adapun yang membuat saya tertarik karena teman-teman saya sangat lucu saat membunyikan suara sapi dengan ekspresi wajahnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, carilah informasi tentang organ pencernaan hewan selain sapi.
Apakah menurutmu organ pencernaan sapi akan berbeda dengan organ pencernaan burung?
Tuliskan dan gambarkan informasi yang kamu peroleh dalam buku latihanmu.

Demikianlah yang dapat ditulis pada kali ini. Ini sebagai bahan untuk Bapak Ibu orang tua wali wiswa dalam membimbing anak-anaknya selama belajar di rumah.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa K-13 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Halaman 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel